PANGGUNG EKONOMI RAKYAT DI PON 2020


Peta ekonomi secara perlahan mulai terurai dari panggung ekonomi kapitalis, atau panggung para pemilik modal menuju panggung ekonomi yang disebut sharing ekonomi oleh para pakar ini sebagai bagian dari pemerataan ekonomi atau sumber daya dimanfaatkan secara bersama namun tetap berada diatas rel efisiensi sumber daya yang ekologis.


Diskusi Kita tentang berapa besar atau berapa persen dampak yang diberikan Pekan olahraga Nasional (PON) terhadap pelaku bisnis kecil atau dampaknya tidak ada sama sekali dengan penyelenggaraan pekan olahraga nasional (PON).


Jasa hotel merupakan titik fokus yang pertama untuk melihat ketersediaan jumlah kamar yang tersebar pada enam tempat penyelenggaraan event meliputi: Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Kesiapan masing-masing wilayah dengan sarana dan prasarana yang disediakan sudah memperhitungkan pemerataan ekonomi bagi bisnis kecil yang berada pada 6 daerah yang dijadikan event pekan olahraga nasional (PON). Fokus memberi pendapat hanya pada panggung ekonomi rakyat di Pekan Olah Raga Nasional (2020).
Event Nasional yang mempertemukan 35 Provinsi senusantara dengan jumlah atlit serta oficial maupun operator pelaksanaan pekan olah raga nasonal serta para wisatawan lokal maupun luar Papua bahkan luar Indonesia yang menyempatkan diri untuk menonton cabor yang diperlombakan. 

Pemerataan ekonomi atas sumber daya pada saat melaksanakan event tersebut perlu di inisiasi oleh pemerintah daerah dengan mengajak para pelaku bisnis kecil atau masyarakat yang berada di sekitar tempat penyelenggaraan event tersebut untuk memanfaatkan aset yang menganggur seperti kamar rumah yang tidak ditempati untuk dijadikan tempat penginapan bagi para wisatawan lokal yang berasal dari 35 Provinsi dengan harga dan fasilitas dibawah harga hotel misalnya sarapan pagi, makan malam.

Pemanfaatan idle aset atau aset yang menganggur dan tidak digunakan oleh masyarakat dikoordinir oleh pemerintah daerah setempat sebagai bagian dari pengamanan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan yang juga sebagai bagian dari memberikan sara aman sebagai tuan rumah kepada tamu yang berkunjung ditempat pelaksanaan even maupun teman wisata yang lain.

Pelaku bisnis kecil sudah mulai didorong oleh pemerintah daerah untuk memanfaatkan aset tetap lainnya yang tidak digunakan seperti kendaraan roda dua maupun roda empat untuk mendaftar pada platform transportasi online seperti gojek dan grab yang sudah mengaspal di Jayapura mau Go-Food. Ini dilakukan bisnis kecil sebagai bagian dari penyediaan fasilitas tambahan untuk wisatawan lokal pada saat event dilaksanakan 2020.@arkam

Mana Tulisan Kamu…..!

0 comments:

Post a Comment