EKONOMI BARU DI MERAUKE

arkam.id,  Sampaikan-sampaikan sama teman-teman kamu ada "Ekonomi Baru" yang lahir dari komoditi berbasis nilai hidup yang sudah sedikit nasional alias masuk pasar ekspor ke beberapa wilayah di luar Papua, namun dalam perjalanannya belum begitu mengigit para pemangku kepentingan.

Daerah di selatan tanah papua tepatnya merauke masyarakat lokal mulai tergerak membangun dan mengembangkan potensi yang tersimpan di rawa-rawa menjadi sebuah produk bernilai ekonomi tinggi.

Ide mengembangkan ikan gastor asing, lahir dari prakarsa masyarakat lokal yang diprakarsai Budi (nama kebetulan) dalam tulisan ini, Budi merupakan seorang Jamer (jawa merauke) orang tuanya merupakan transmigrasi pertama yang datang di merauke.

Untuk menangkap peluang yang ada budi mulai membentuk kelompok petani plasma di beberapa titik yang sudah di sepakati di wilayah tanah miring dan sekitarnya. Alat tangkap dan bahan-bahan pembuatan ikan asing gastor semuanya masih di sediakan Budi, sebab rata-rata dompet masyarakat lokal masih sakit.

Proses produksi ikan asing gastor dilakukan budi dengan menjeput langsung pada tempat-tempat yang sudah disepakati bersama petani plasma. sementara proses pembelian ikan asing gastor dilakukan dengan pengurangan bahan-bahan yang diberikan Budi barulah harga bersih ikan asing gastor per kilo diterima masyarakat lokal.

Cerita singkat di atas memberikan sedikit simpulan bahwa ekonomi baru sudah lahir dari prakarsa masyarakat, namun belum begitu mengigit karena pemerintah masih sibuk mengurus politik.@arkam

0 comments:

Post a Comment