PERUBAHAN SOSIAL ORANG MAIBRAT



@arkam

  Umum
Pemekaran wilayah Maibrat menjadi beberapa daerah otonom terkecil dalam pemerintahan Maibrat membuat kecepatan perubahan sosial masyarakat sanggat luar biasa, hal ini disebabkan juga oleh adanya kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi tidak harus kita hindari tetapi kita harus memanfaatkannya semaksimal mungkin bagi kehidupan masyarakat.
Kehidupan masyarakat yang sanggat dinamis ini memang akan membuat perubahan sosial akan selalu terjadi. Perubahan sosial biasanya ditandai dengan keyidak seimbangan antara satuan sosial. Sifat perubahan sosial itu mutlak, artinya setiap masyarakat selalu mengalami perubahan. Perubahan sosial juga saling berkaitan, misalnya kegagalan sebuah suksesi, maka segala kegagalan tim pendukung akan mengalami goncangan yang begitu kuat.
Pada pembahasan ini, saya hanya melihat faktor utama yang menyebabkan perubahan sosial orang Maibrat yaitu: konflik sosial. Sejalan dengan itu maka dalam beberapa sumber yang menjelaskan tentang makna konflik sosial menjelaskan bahwa konflik sosial biasa terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok maupun individu dengan kelompok. Konflik sosial bisa terjadi karena berbagai sebab mulai dari perbedaan pendapat sampai pada perbedaan kampong (kot). Adanya konflik sosial ini mengakibatkan terjadinya perubahan sosial. Hal ini disebabkan oleh adanya suatu pertentangan atau konflik, maka akan mengakibatkan perubahan struktur kondisi masyarakat.
Perubahan sosial merupakan perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat mengenai nilai-nilai sosial, norma dan berbagai pola dalam kehidupan masyarakat. Setiap masyarakat dimasing-masing wilayah pemekaran akan mengalami trubulensi perubahan sosial, hal ini dapat kita lihat pada masa sebelum pemekaran dan sesudah pemekaran, hal ini mungkin dipengaruhi perubahan teknologi, keterbukaan informasi, harga murah dan muda akses.
Pada umumnya setiap masyarakat yang ada diplanet ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan. Perubahan yang terjadi dalam masyarakat Maibrat pada dasarnya merupakan suatu proses yang terus menerus ini berarti bahwa setiap masyarakat Maibrat pada kenyataannya akan mengalami perubahan. 


Perubahan Sosial
Perubahan merupakan proses yang terus menerus terjadi dalam setiap masyarakat. Proses perubahan itu ada yang berjalan sedemikian rupa sehingga tidak terasa oleh mayarakat pendukungnya. Gerak perubahan yang sedemikian itu disebut evolusi. Sosiologi mempunyai gambaran adanya perubahan evolusi masyarakat dari masyarakat sederhana ke dalam masyarakat modern. Proses gerak perubahan tersebut ada dalam satu rentang tujuan ke dalam masyarakat modern.
Perubahan sosial akan dipandang sebagai konsep yang serba mencakup yang menunjuk kepada perubahan. Fenomena sosial di berbagai tingkat dunia. Perubahan sosial dapat dipelajari pada satu tingkat tertentu atau lebih dengan menggunakan berbagai kawasan studi dan berbagai satuan analisis. Namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa perubahan penting pada satu tingkat tertentu tidak harus penting pula pada tingkat yang lain. Perubahan sikap mungkin mencerminkan perubahan hubungan antar individu, antar organisasi atau antar institusi, tetapi mungkin pula tidak. Adanya kesenjangan waktu, sehingga perubahan yang terjadi pada satu tingkat lebih lambat yang terjadi pada tingkat lain. Dengan demikian bahwa perubahan disetiap tingkat kehidupan sosial mungkin lebih tepat dianggap sebagai perubahan sosial, dan riset harus dipusatkan pada arah dan tingkat perubahan di berbagai tingkat yang berbeda.
Orang Maibrat merupakan kumpulan tiga suku besar yang mendiami wilayah pedalaman kela burung papua (lihat peta papua) memiliki tradisi tolong menolong yang teramat sanggat kuat hidup dan berkembang dalam wilayah Maibrat. Masyarakat Maibrat merupakan kumpulan individu dan kelompok yang membentuk organisasi sosial “ra mana sau” yang bersifat kompleks ketika dimaknai. Dalam organisasi orang Maibrat terdapat nilai-nilai dan norma-norma yang fungsinya sebagai aturan hukum adat yang selalu dipatuhi orang Maibrat dalam bertingkah laku dan berinteraksi dalam kehidupan orang Maibrat.
Perubahan pada orang Maibrat semakin hari semakin tak terkendali. Perbedaan perubahan dapat mengakibatkan munculnya kecemburuan sosial yang harus dihindari.
Perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat di wilayah Maibrat terjadi secara terus menerus dan merupakan perbaikan kearah tujuan dan kemajuan yang diharapkan bersama.
Trubulensi perubahan sosial yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi seluruh kehidupan masyarakat Maibrat itu adalah dampak dari pembangunan disegala bidang yang dilakukan pemerintah daerah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Maibrat.
Percepatan perubahan sosial itu dapat dimungkinkan oleh kemajuan teknologi yang didapatkan masyarakat Maibrat melalui pendidikan.
Orang Maibrat dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan perubahan, dengan adanya perubahan tersebut kita dapat membuat perbandingan antara masa sebelum dan sesudah pemekaran. Perubahan-perubahan dalam masyarakat Maibrat merupakans sebuah proses yang terjadi secara terus menerus.
Perubahan yang terjadi antara masyarakat yang berada diwilayah kekuasaan dengan masyarakat yang berada diluar wilayah kekuasaan akan menampilkan perubahan yang berbeda, misalnya dalam tata busana antar yang memiliki daya beli baik dengan yang tidak memiliki daya beli baik. perubahan dalam wilayah kepentingan tersebut wajar, mengingat manusia memiliki kebutuhan yang tidak terbatas. (@arkam)

0 comments:

Post a Comment