A-3 SEBUTAN LAIN ORANG MEYBRAT



MAKNA KATA “A3” 


A1 (AYAMARU)
Diskusi-Diskusi lepas anak mudah Meybrat diberbagai kesempatan menarik untuk digali lebih mendalam berkait pemaknaan Ayamaru dalam tata bahasa Meybrat yakni : Ayamaru memiliki arti “Ait Yaru” yang artinya “Dia Potong”.  Dia potong memiliki makna yang berkait dengan kehidupan sehari-hari orang Meybrat dalam membuka ladang atau kebun dengan terlebih dahulu membersihkan semak-semak dengan cara memotong atau membabat setelah itu penebangan pohon-pohon dan dibairkan kering dalam beberapa hari kemudian dibapakar lalu ditanami bibir keladi, pisang, petatas dan sayur-sayuran.
Selain itu, Ait Yaru, juga memiliki makna dia berbuat sesuatu untuk kepentingan keluarga atau kerabat yang memiliki hubungan keluarga dari pihak ayah atau ibu dalam bentuk penyelesaian masalah atau utang kain timur (bo) dengan yaru kain timur (bo) yang kualitasnya sangat tinggi kepada pemberi (piutang) kain timur (bo). Sementara dalam pengertian permainan adat kain timur (bo)  bahwa “Ait Yaru Bah” hanya orang yang mampu yang dapat melakukan hal ini dan tidak semua orang dapat melakukan “Yaru Bah” hanya ra bobot saja yang dapat melakukan “Yaru Bah” atau Ait Yaru Bah”.

A2 (AITINYO)
Aitiyo atau “Ait Yeno” berarti dia atau orang itu berbuat sesuatu. Berbuat sesuatu disini memberikan ketegasan tentang kemampuan seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu kegiatan berdasarkan ide dan gagasan atau pemikiran sendiri tanpa harus menunggu ide dari orang lain. “Ait Yeno” juga memberikan gambaran bahwa orang tersebut mempunyai kemampuan untuk berbuat sesuatu mulai dari berkebun, berburu binatang dihutang sampai kepada menyelesaikan masalah-masalah adat seperti dengan masalah adat, mengembalikan kain adat dan lain-lain.

A3 (AIFAT)
Aifat berarti “Ait Yefat” yang berarti orang itu tebang pohon, hal ini mengandung makna dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga atau kerabat, maka dia harus membuka lahan atau kebun dengan cara membersihkan semak-semak belukar atau ladang yang cukup luas dan setelah menebang pohon-pohon (Yefat Ara) lalu menunggu beberapa waktu setelah pohon yang ditebang kerin lalau dibakar selanjutnya ditanami dengan bibit keladi, pisang, sayur-sayuran dan lain sebagainya.
Dalam arti luas, jika ingin tidak ada bencana kelaparan dalam keluarga atau kerabat di wilayah Meybrat orang harus berkebun, jika tidak maka akan mati kelaparan, jadi dapat disimpulkan bahwa Ayamaru, Aitinyo dan Aifat (A3) berarti Ait Yaru, Ait Yeno dan Ait Yefat. (Arius Kambu, Dosen FEB Uncen)

0 comments:

Post a Comment