PERUBAHAN



PERUBAHAN



Kita semua pasti setuju kalau kita katakan bahwa perubahan adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan seseorang. Untuk memenuhi kehidupan hidupnya, orang butuh perubahan, demikian didalam kehidupan orang Maibrat perubahan merupakan suatu kebutuhan aktualisasi diri, misalnya didalam membutuhkan sebuah pengakuan dalam kata klies “BOBOT” yang merupakan manifestasi dari pengertian Tuan atau orang terhormat yang dapat disegani dalam strata kehidupan masyarakat Meibrat. Realita tentang perubahan ialah bahwa, karena kita tidak pernah yakin perubahan hidup kita adalah untuk sesuatu yang lebih baik, tidak seorang pun menyukai perubahan. Harga diri dan pekerja keras merupakan wilayah-wilayah yang aman bagi orang Maibrat. Namun perubahan demi suatu yang lebih baik kadang-kadang kelihatannya samar-samar.

PERBANDINGAN SOSIAL Dalam perbandingan fungsi ini masyarakat Meibrat membandingkan dirinya dengan orang disekitarnya untuk menilai sikap kepercayaan. Alat yang digunakan dalam memperbandingkan kelompoknya dengan kelompok lain yang dipergunakan sebagai referensi adalah “BOBOT”. Misalnya Sigyah (Ikan Kaskado) dipergunakan sebagai symbol dalam menilai dirinya baik atau tidak. Bersikap sebagai pembantu dalam menjalankan setiap keputusan yang diambil. Kelompok bobot mempunyai makna yang sangat penting dalam membuat suatu pengakuan atas status social masyarakat Maibrat.

Memang kita akui bahwa Bobot bukan segala-galanya dalam motivasi orang Meibrat dalam mencapai suatu kesuksesan namun masih ada hal-hal lain yang tidak bisa diukur dengan Bobot. Bobot mempunyai daya tarik yang luar biasa membuat sesuatu menjadi baik atau menjadi lebih buruk. Meminjam pandangan analis menjelaskan bahwa dalam sebuah keluarga atau sekelompok masyarakat menjelaskan bahwa keluarga bisa ancur kehidupan dan tatanannya, hanya gara-gara Bobot. Jadi Bobot punya sisi yang baik, tetapi juga punya sisi yang buruk. Tinggal bagaimana kita mengaturnya.

(Arius Kambu, Ekonomi Uncen)

0 comments:

Post a Comment